Friday, October 16, 2009

Safari Ramadhan LAMS

PONTIANAK—Salah satu hikmah dari datangnya bulan suci Ramadhan adalah penguatan syiar persatuan, kebersamaan dan jalinan persaudaraan (ukhuwah) di antara sesama ummat Muslim. Untuk lebih mempererat tali silaturahmi serta hubungan persaudaraan yang telah terjalin dengan baik, Lembaga Adat Melayu Serantau (LAMS) menggelar Safari Ramadhan.

Kegiatan ini di gelar selama tiga hari, mulai 11-13 September di wilayah kabupaten Pontianak, kota Singkawang dan kabupaten Sambas. Tujuan utama dari kegiatan Safari Ramadhan LAMS ini adalah meningkatkan hubungan silaturahim antara pengurus LAMS dengan masyarakat Kalbar sehingga tercipta keharmonisan diantara keduanya.

“Landasan dalam menjalin silaturahmi dalam Islam itu jelas, yakni Quran Surah Al-Hujurat ayat 10, dimana disana Allah SWT berfirman ‘ِSesungguhnya orang-orang Mukmin itu bersaudara’,” kata Sekjen LAMS, Kyai Mangku Negeri Dato Sri Petinggi H Morkes Effendi, SPd,.MH kepada Pontianak Post, kemarin.

Didampingi Sekretaris Eksekutif LAMS, Dato Petinggi Abdi Nurkamil Mawardi, lebih lanjut dia menerangkan, selama pelaksanaan Safari Ramadhan LAMS, pihaknya aktif melakukan aksi social kemasyarakatan, seperti buka bersama dengan warga masyarakat, penjualan paket murah Lebaran, serta pemberian bantuan kepada sejumlah mesjid.

Acara Safari Ramadhan LAMS di mulai Jumat (11/9) lalu dengan melaksanakan sholat Jumat berjemaah di Mesjid Nikmatullah, Sungai Pinyuh. Usai menunaikan sholat, rombongan langsung bertolak menuju Sekura, Sambas. Disana, rombongan mendapat kehormatan untuk bersilaturahmi dan berbuka bersama sejumlah pemuka agama, tokoh muda, serta warga masyarakat.

Keesokan harinya (Sabtu, 12/9), panitia Safari Ramadhan LAMS menggelar pasar murah paket Lebaran. Koordinator kegiatan pasar murah, H Subhan, menerangkan jumlah paket yang di tawarkan kepada warga masyarakat mencapai 750 paket. Semua paket Lebaran telah mendapat subsidi harga LAMS, sebesar 50 persen. Artinya, aneka barang kebutuhan Lebaran yang di jual nilainya hanya setengah dari harga pasar yang berlaku.

Penawaran paket Lebaran yang sama juga berlaku bagi warga Perum 6 Roban, Singkawang. Sama seperti kegiatan di Sakura, jumlah paket Lebaran yang di tawarkan adalah 750 paket. “Insyaallah pasar murah akan kita gelar besok pagi (Minggu,13/9) di Perum 6 Roban,” kata Subhan.(go)

No comments: