Friday, October 16, 2009

Konser Ngayate’ Lagu Ge’ Mare’


SAMBAS—Puluhan ribu penonton, Selasa (29/9) malam ramai memadati Stadion Gabsis Sambas. Mereka datang berramai-ramai hanya untuk satu tujuan, yakni menyaksikan Konser Ngayate’ Lagu Ge’ Mare’. Acara terakbar dalam sejarah konser di Bumi Sambas Terigas ini menampilkan sejumlah artis ternama, seperti group musik religi DEBU dari Amerika Serikat, Ivan vokalis group band Seventeen Iis Dhalia, Yan Mahmud, Hendry Lamiri serta Malacca Ensamble.

Tidak seperti konser musik kebanyakan, dalam Konser Ngayate’ Lagu Ge’ Mare’ ini semua lagu yang di usung adalah lagu-lagu daerah Sambas, seperti Alon-Alon, Alo’ Galing Lassoung Labban, Ta’allaw Bina, Tikannang Urang Tue, Sa’ Uncang, Tanda’ Sambas, Kapal Belon, Cik-Cik Periouk, serta Batu Ballah.

Seperti diungkapkan H Subhan Nur, Ketua Panitia Konser Ngayate’ Lagu Ge’ Mare’, lagu-lagu daerah Sambas yang di nyanyikan di konser ini semuanya telah diaransemen ulang. Hasilnya, lagu-lagu daerah Sambas mampu tampil berkelas. Dan yeng lebih membanggakan lagi, group musik religius DEBU asal Amerika Serikat berkenan mendendangkan lagu Ta’allaw Bina. Saat vocal Mustafa, vokalis DEBU, mengalunkan kalimah takbir yang ada didalam syair lagu Ta’allaw Bina, secara spontan para penonton langsung turut berdendang. Sembari mengumandangkan takbir kehadirat Illahi Robbi, para penonton juga bergoyang riang. Selain menyanyikan lagu-lagu daerah Sambas, para artis ibukota tersebut juga membawakan sederetan tembang hits milik mereka, dengan iringan Malacca Ensamble.

“Ternyate lagu daerah Sambas da’an kalah di sago’kan di tingkat nasional mao’pun internasional dangngan lagu daerah laing. Rupenye urrang daerah laing pon ngagume’eng juak. Sampai-sampai artis nasional dan internasional macam na’ (group musik religi DEBU) pun barrabutan na’nyanyikannye. Itok semue karne kekagumannye. Sibagai generasi mudde Sambas, itto’lah persembahan kamek untok daerah kitte yang tercinte,” ungkap H Subhan saat memberi sambutan dalam bahasa Melayu Sambas, sesaat sebelum acara di mulai.

Harapan yang sama juga di sampaikan oleh Wakil Bupati Sambas, dr Hj Juliarti Dj Alwi MPH. Didepan para tokoh agama, pemuka masyarakat serta para tamu dan undangan yang hadir, dirinya berharap agar Konser Ngayate’ Lagu Ge’ Mare’ menjadi awal dari kebangkitan seni budaya kabupaten Sambas dalam mewujudkan julukan Kota Serambi Mekkah. Dalam kesempatan yang sama, Dato Petinggi Abdi Nurkamil Mawardi mewakili Sekjen LAMS (Lembaga Adat Melayu Serantau) berkenan memberikan anugerah kehormatan kepada H Subhan Nur sebagai Tokoh Budaya dan Mulam Husyairi sebagai Tokoh Pelestari Budaya.(go)

No comments: